Rabu, 31 Maret 2010

kondisi Jalan menuju Cianjur Selatan




Tak jarang orang seperti saya baru menyadari jika Cianjur itu ternyata luas sekali. Data di http://www.cianjurkab.go.id/ver.3.0 tertulis luas Cianjur adalah 350.148 hektar. Bukan luas yang sedikit. Dan perbatasan di sebelah selatan hingga ke Samudra Hindia. Kontur daerah yang berbukit-bukit dan bahkan pegunungan didominasi oleh perkebunan teh dan hasil-hasil hutan.
Bahkan konsentrasi hutan dan perkebunan bany ak berada di sebelah Selatan. Dengan demikian objek wisata alam pun banyak terdapat disana. Di sebelah utara juga banyak tapi lebih ramai dibandingkan dengan sebelah selatan. Mungkin dikarenakan letaknya yang lebih dekat ke ibukota serta jalur transportasi yang lebih mudah. Permasalahan transportasi inilah yang selalu menjadi ‘PR’ bagi pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur. Tekstur pegunungan yang rawan longsor di sebelah selatan menyebabkan pembangunan jalan selalu terhambat. Dan biasanya lebih cepat rusak. Apalagi sewaktu musim hujan. Seperti yang terjadi kira-kira bulan November 2008 lalu terjadi longsor yang menewaskan 13 jiwa (kompastv-.
Hal ini patut disayangkan. Dengan jalur transportasi yang terbatas maka perekonomian di Cianjur selatan menjadi terhambat. Objek wisata menjadi sulit dijangkau. Tentu berakibat terhadap kemajuan kota Cianjur sendiri. Hasil bumi dan hutan menjadi tidak mudah disalurkan ke kota-kota besar. Potensi inilah yang selama bertahun-tahun tidak dimanfaatkan. Semoga di tahun mendatang Pemda Kabupaten Cianjur serta masyarakat Cianjur dapat memikirkan suatu cara atau terobosan yang inovatif untuk mengatasi masalah transportasi ini. Entah membangun struktur yang memang dibuat untuk daerah yang labil dengan kualitas nomor 1 atau cara lain. Sebab jika memakai kualitas nomor 2 (seperti yang sering ditemui di kota Cianjur sendiri pada jalan-jalannya) maka akan cepat rusak ketika dilalui kendaraan bermotor. Semoga Cianjur akan dapat berkembang lebih maju. Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my created

fhotoku

Followers

ipin